Mengenal Lebih Dekat Masalah Kesehatan Corgi 1
senderismoconmiperro

Mengenal Lebih Dekat Masalah Kesehatan Corgi 1

Mengenal Lebih Dekat Masalah Kesehatan Corgi 1 – Untuk sebagian besar, Pembroke Welsh Corgis umumnya adalah anjing yang sehat. Tetapi seperti semua ras anjing lainnya, mereka rentan terhadap kondisi kesehatan tertentu. Itu tidak berarti setiap Corgi akan mengembangkan salah satu kondisi kesehatan yang tercantum di bawah ini, tetapi ras mereka memiliki sejarah mengembangkannya.

Displasia Pinggul

Hip dysplasia pada anjing adalah kondisi kesehatan yang umum pada banyak ras anjing, dan sering terlihat pada Corgi. Displasia pinggul adalah kondisi bawaan yang melibatkan kelainan pada sendi pinggul anjing di satu atau kedua sisi. Ketika seekor anjing menderita displasia pinggul, tulang pahanya tidak akan pas dengan sendi pinggulnya.

Sedikit yang diketahui tentang bagaimana atau mengapa sifat itu diturunkan, tetapi diperkirakan ada hubungan yang melibatkan faktor genetik dan lingkungan, seperti pola makan anjing dan pertumbuhan yang cepat. Tingkat keparahan displasia pinggul anjing Anda hanya akan terdeteksi pada X-Ray. Gejalanya mirip dengan radang sendi anjing yang parah, menyebabkan anjing Anda menunjukkan rasa tidak nyaman atau kesulitan bergerak karena kepincangan pada salah satu atau kedua kaki belakangnya. Lainnya mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda rasa sakit sama sekali. agen sbobet

Tetapi anjing dengan displasia pinggul tidak boleh dibiakkan. Jika Anda mendapatkan Corgi dari peternak, Anda harus selalu memastikan untuk menanyakan apakah mereka menguji anjing pembiakan mereka untuk displasia. Anjing biasanya harus diuji dengan sinar-X ketika mereka berusia sekitar 18 bulan. Peternak Anda harus dapat menunjukkan kepada Anda dokumentasi yang menunjukkan bahwa orang tua mereka telah diuji untuk kondisi ini dan tidak memiliki riwayat masalah dengan displasia pinggul.

Namun, ini tidak berarti anjing Anda tidak akan mengalami kondisi tersebut. Karena Corgis juga rentan terkena radang sendi, displasia pinggul juga dapat berkembang di kemudian hari. Jika Corgi yang Anda pertimbangkan adalah penyelamat, Anda bisa membuatnya diuji displasia oleh dokter hewan Anda. Dokter hewan Anda juga dapat memberi Anda panduan yang direkomendasikan untuk diikuti sejauh aktivitas dan olahraga untuk membantu menjaga pinggul anjing Anda tetap sehat dan menjalani kehidupan yang lebih bahagia.

Kondisi Mata

Juga dalam daftar masalah kesehatan Corgi adalah riwayat mengembangkan beberapa kondisi mata yang berbeda. Ini termasuk katarak, Progressive Retinal Atrophy(PRA), dan displasia retina.

Penyakit Von Willebrand

Penyakit Von Willebrand adalah kelainan darah yang ditemukan pada anjing dan manusia. Ketika seekor hewan memiliki Von Willebrands, darah mereka tidak akan menggumpal juga. Kondisi ini sebenarnya mirip dengan hemofilia. Ketika seekor anjing memiliki Von Willebrand, mereka akan sering mengalami mimisan, gusi berdarah, pendarahan berkepanjangan setelah operasi atau selama siklus panas, dan kadang-kadang bahkan tinja berdarah.

Ada faktor genetik untuk penyakit Von Willebrand pada anjing yang dapat diuji oleh dokter hewan melalui tes DNA, yang akan menunjukkan apakah hewan tersebut pembawa atau terkena penyakit atau secara genetik jelas. Penyakit Von Willebrand diturunkan melalui gen resesif sederhana, dan anjing yang terkena biasanya dapat menjalani pengobatan rutin dengan sedikit efek samping.

Corgis dan anjing lainnya biasanya didiagnosis dengan penyakit Von Willebrand antara usia tiga hingga lima tahun. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dikelola dengan perawatan seperti transfusi, operasi kecil, luka bakar dan jahitan, dan menghindari beberapa obat tertentu yang semakin mengencerkan darah.

Degenerative Myelopathy (DM)

Mengenal Lebih Dekat Masalah Kesehatan Corgi 1

Degenerative Myelopathy adalah penyakit progresif yang terjadi pada sumsum tulang belakang Corgi. DM melibatkan degenerasi jaringan saraf dan pendukung di sumsum tulang belakang anjing dan daerah punggung bawah.

Kondisi ini parah pada permulaan dan dapat menyebabkan kelemahan kaki belakang, kepincangan, dan bahkan menyebabkan kelumpuhan pada tungkai belakang. Hal ini sering salah didiagnosis sebagai penyakit cakram dan saat ini, tidak ada obat atau perawatan yang tersedia untuk DM. Mielopati degeneratif memiliki pemicu genetik dan lingkungan dan biasanya muncul di akhir kehidupan anjing, setelah usia delapan tahun.

Tes DNA baru-baru ini dikembangkan di Amerika Serikat yang dapat menjadi lebih populer di kalangan dokter hewan. Meskipun baru dan relatif belum terbukti, tes ini bisa menjadi alat diagnostik yang berguna untuk membantu dokter hewan menentukan apakah jaringan anjing menderita DM atau penyakit cakram.

Tes menunjukkan bahwa ada gen, yang jika ada, menunjukkan peningkatan risiko penyakit. Ini adalah hal lain yang dapat Anda tanyakan kepada peternak atau dokter hewan saat Anda mempertimbangkan untuk membawa pulang seekor Corgi.